KEMITRAAN PAGUYUBAN BUDIASI

 

Paguyuban Budiasi – Pemprov DKI Jakarta

Kerja sama ini dimulai pada 2009, ketika Paguyuban Budiasi mengalokasikan sebanyak enam ribu bibit Trembesi. Pada 2012, kerja sama ini semakin erat dengan tercapainya kesepakatan penambahan bibit Trembesi yang dialokasikan untuk Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjadi 100 ribu bibit. Pengalokasikan tersebut terkait Program Penanaman Pohon Nasional yang dilakukan setiap 28 November.

Paguyuban Budiasi – Aceh

Pada 2009 Paguyuban Budiasi memberikan bantuan sebanyak 23 ribu bibin Trembesi dan Sengon bagi Daerah Istimewa Aceh. Bantuan ini diberikan dengan dukungan biji dari Ketua Panin Peduli, Ommi Gappa, dengan supervisi Profesor Endes N Dahlan, peneliti tanaman Trembesi dari Institut Pertanian Bogor (IPB).

Paguyuban Budiasi – APKASI

Pada Maret 2010, Paguyuban Budiasi bekerja sama dengan Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesa (APKASI), berlokasi di Madiun, Jawa Timur, membagikan sebanyak satu juta biji bantuan Panin Peduli serta polybag bantuan Grup Sinar Mas, untuk setiap pemerintahan kabupaten dengan total 498 pemerintahan kabupaten.

Paguyuban Budiasi – Korem 061 Suryakencana

Kerja sama Paguyuban Budiasi dengan Korem 061 Suryakencana, Bogor, Jawa Barat, terbentuk pada 2010, dalam upaya memberikan bantuan sebanyak 35 ribu bibit Sengon untuk penghijauan setelah bencana Merapi, serta untuk kebutuhan Pertamina. Seluruh bibit tersebut diambil dari kebun pembibitan Paguyuban Budiasi di Rancamaya, Bogor, Jawa Barat. Dalam tahun yang sama, sampai 2011, Paguyuban Budiasi bersama Korem 061 Suryakencana, didukung Djarum Foundation, melakukan penghijauan di sepanjang jalur Pantai Utara (Pantura) dengan penanaman sebanyak 500 ribu pohon Trembesi.

Paguyuban Budiasi – Bank BNI

Kerja sama Paguyuban Budiasi dan Bank BNI mulai terjalin sejak 2011 dalam program pendistribusian bibit tanaman keras. Kerja sama ini berlanjut pada 2013 dengan penambahan program pembibitan tanaman langka. Jumlah tanaman keras yang dikembangkan bibitnya akan mencapai tujuh juta bibit dan tanaman langka sebanyak 50 ribu bibit. Bibit tanaman yang dikembangkan akan diberikan gratis kepada masyarakat dan akan didistribusikan khususnya untuk daerah Bogor, Puncak dan Cianjur serta penghijauan daerah aliran sungai khususnya sungai Ciliwung dan anak sungai terkait, serta penghijauan wilayah Indonesia.

Paguyuban Budiasi – Djarum Foundation

Kerja sama Paguyuban Budiasi dengan Djarum Foundation semakin erat dengan dilakukannya penanaman sebanyak 10 ribu pohon di sepanjang jalan dari Bandar Udara Lombok sampai Kota Lombok. Kerja sama penanaman yang dilakukan pada 2012 itu dilanjutkan pada 2013 sampai 2014, dengan fokus penataan ulang jarak antar-pohon.

Paguyuban Budiasi – Kementerian Kehutanan

Kerja sama ini dimulai setelah melakukan survei dan penelitian di lapangan mengenai program penghijauan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLH) Siti Nurbaya Bakar langsung turun tangan untuk mensukseskan penanaman yang ditargetkan mencapai 12.979 batang pohon. Jumlah yang sudah ditanam sebanyak 300 pohon. Penanaman dilakukan di Interchange Subang KM 109. Penghijauan Tol Cipali direncanakan tertata di sepanjang 116,75 kilometer jalan tol yang menghubungkan Karawang, Subang, Indramayu, hingga Cirebon. Jenis pohon yang ditanam antara lain Mahoni, Kayu Manis, Ekaliptus, dan Damar. Jenis pohon Trembesi juga ditanam di sepanjang ruas Pantura.

Paguyuban Budiasi – Astra Internasional

Kerja sama ini merupakan wujud nyata Astra Internasional dalam mendukung Gerakan Bogor Hejo; menanam pohon untuk selamatkan air dan udara. Paguyuban Budiasi memenuhi kebutuhan aneka bibit pohon yang diperlukan PT Astra International Tbk untuk mendukung Gerakan Bogor Hejo yang digulirkan Harian Bogor Today, RAPI Kota Bogor, dan Alumni Fahutan 28 Institut Pertanian Bogor (IPB). Bogor sebagai daerah hulu sungai dan resapan air yang bermuara di Jakarta, sangat penting untuk dihijaukan guna me­nyelamatkan Jakarta dari ancaman banjir. Bibit siap tanam dari Paguyuban Budiasi sebagian besar sudah digunakan untuk menghijaukan kembali kawasan perbukitan di Cisarua, Cipanas hingga ke Cianjur.

Paguyuban Budiasi – Pemerintah Indonesia – Pemerintah Timor Leste

Paguyuban Budiasi menyiapkan pembibitan pohon guna mendukung program bantuan bibit pohon dari Pemerintah Indonesia kepada Pemerintah Timor Leste. Secara resmi, Pemerintah Indonesia menyerahkan 50 ribu bibit pohon kepada Pemerintah Timor Leste pada 2015 berlokasi di kebun pembibitan Liquica, Timor Leste. Penyerahan ini merupakan kelanjutan dari program kerja sama pendistribusian dan penanaman 26.602 bibit pohon di Timor Leste oleh Pemerintah Indonesia pada tahun 2014. Pemerintah Indonesia diwakili Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya Bakar. Pemerintah Timor Leste diwakili Menko Perekonomian sekaligus Menteri Kehutanan dan Pertanian, Estanislau da Silva. Selain membantu menyiapkan bibit, Paguyuban Budiasi juga memberikan pelatihan pembibitan pohon.

Paguyuban Budiasi – Korindo Group

Kerja sama ini merupakan kerja sama pembibitan pohon di Indonesia dan Timor Leste. Kerja sama yang mulai bergulir pada Februari 2015 juga mencakup ekspedisi penghijauan Ciliwung Hulu-tengah tepatnya di Desa Cibeureum, pengembangan hewan ternak, serta memperkuat penelitian dan pengembangan terkait pembibitan.

Paguyuban Budiasi – BUMN

Kerja sama Paguyuban Budiasi dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan BUMN, direalisasikan dengan penanaman pohon di Tol Jakarta-Cikampek dan Cikopo-Palimanan (Cipali). Sebanyak sepuluh ribu pohon ditanam di setiap sisi jalan tol mulai dari KM 47-71. Pada penanaman ini, tidak kurang dari 70 direksi BUMN turut terlibat beserta Menteri BUMN Rini Soemarno. Jenis pohon dipilih yang memiliki daya resap air tinggi guna mencegah longsor, juga optimal menyerap emisi karbon kendaraan di jalan tol.

Paguyuban Budiasi – Jonlin

Paguyuban Budiasi, pada 2015, bekerja sama dengan Jonlin, pengusaha asal Kalimantan, untuk melakukan pengembangan sekaligus penyelamatan tanaman langka di Kalimantan, khususnya pohon Ulin.

Paguyuban Budiasi – Kopassus – Grup Rajawali

Pada tahun 2015, Paguyuban Budiasi melakukan sejumlah ekspedisi hijau, bekerja sama dengan beberapa pihak. Salah satunya bekerja sama Komando Pasukan Khusus (Kopassus) melakukan ekspedisi di Pulau Alor, Nusa Tenggara untuk pohon Cendana, juga bekerja sama dengan Grup Rajawali melakukan ekspedisi di Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk pohon Kelor dan tanaman coklat di Kabupaten Keerom, Jayapura, Papua.

Paguyuban Budiasi – Kodam XVI Pattimura – Pertamina

Paguyuban Budiasi, pada 2016, bekerja sama dengan Kodam XVI Pattimura dan Pertamina melakukan penanaman sebanyak 250 ribu pohon di Pulau Buru, Ambon, dan Maluku Utara.