CIKOPO – Setelah melakukan survei dan penelitian mengenai program penghijauan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), program penghijauan Tol Cipali resmi dimulai. Peresmian dilakukan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLH) Siti Nurbaya Bakar, 19 Maret 2016 lalu. Peresmian ini sekaligus juga memperingati Hari Bakti Rimbawan dan Hari Hutan Internasional
2016.

Penanaman ditargetkan mencapai sebanyak 12.979 batang pohon di sepanjang ruas tol Cipali. Dari target penanaman tersebut, saat peresmian dilakukan, sudah ditanam sebanyak 300 batang pohon di Interchange Subang KM 109 Tol Cipali. Penanaman pohon sendiri direncanakan akan tertata di sepanjang 116,75 km jalan tol yang menghubungkan Kabupaten Karawang, Subang, Indramayu, hingga Cirebon ini.

Jenis-jenis pohon yang akan ditanam antara lain Mahoni, Kayu Manis, Ekaliptus, Gmelina, Damar, serta Bisbul, yang mencapai total seribu pohon. Sedangkan sisanya akan ditanami pohon Trembesi yang sudah familiar ditanam di sepanjang ruas Pantura. Seluruh pohon yang ditanam diambil dari pembibitan Paguyuban Budiasi.

Menteri Siti Nurbaya berharap penanaman ini dapat memperbaiki dan menjaga iklim mikro, menambah nilai estetika kawasan, meningkatkan resapan air tanah, serta mengurangi emisi karbon yang dikeluarkan kendaraan yang melintas.

Dalam proses penanaman ini turut hadir jajaran instansi yang terlibat antara lain Vice President Djarum Foundation dan Dewan Direksi PT Lintas Marga Sedaya selaku inisiator, Paguyuban Budiasi selaku penyedia pohon, serta perwakilan Kementerian BUMN, Gubernur Jawa Barat, Bupati Subang, Direktur Utama Perum Perhutani, dan Kapolres Subang serta Kodam III Siliwangi. #