SURAKARTA – Demi meningkatkan koordinasi dan sinergitas, jajaran Muspida Kota Surakarta (Solo) menggelar kegiatan sepeda santai di sekitaran Kota Surakarta, 27 Februari 2016 lalu. Gelaran ini dihadiri instansi-instansi Muspida beserta jajarannya seperti Walikota Surakarta, Danlanud Adisumarmo, Danrem 074 Wirastratama, Kapolres Surakarta, beserta ormas-ormas dan warga Solo.

Grup 2 Kopassus yang berlokasi di Kota Surakarta juga tidak ketinggalan turut serta dalam kegiatan ini. Bahkan Grup 2 Kopassus, yang dikomandoi Kol. Rafael Granada Baay, juga berinisiatif melakukan tanam pohon bersama di area Benteng Vastenburg. Bibit-bibit pohon yang ditanam ini diperoleh dari kerja sama dengan kebun pembibitan Paguyuban Budiasi.

Jenis-jenis pohon yang ditanam terdiri atas pohon buah seperti kersen (ceri), sirsak, sawo, alpukat, dan nangka. Dalam keterangannya, Kol. Rafael menerangkan jumlah bibit yang ditanam mencapai 345 pohon. “Penanaman ini dilakukan dengan konsep peningkatan ruang terbuka hijau. Dengan dilakukan secara bersama-sama, semoga pohon-pohon ini dapat dijaga dan dirawat semua kalangan,” tutur Kol. Rafael usai menanam pohon.

Program penghijauan di Benteng Vastenburg bukanlah kali pertama yang diinisiasi Grup 2 Kopassus. Sebelumnya Grup 2 Kopassus juga telah melakukan penanaman dan bersih-bersih di bantaran Sungai Bengawan Solo. Selain meningkatkan kepekaan terhadap lingkungan, kegiatan-kegiatan semacam ini juga dapat meningkatkan harmonisasi antar warga dan Muspida Kota Surakarta. #