BOGOR – Rekonstruksi kejayaan Bogor melalui gerakan Bogor Hejo, menanam pohon untuk selamatkan air dan udara, mendapat dukungan luas. Setelah Paguyuban Budiasi menyatakan siap memenuhi kebutuhan aneka bibit pohon yang diperlukan, PT Astra International Tbk memberikan energi tambahan berupa komitmen mendukung penuh gerakan Bogor Hejo.

“Bagi Astra ikut menghijaukan kawasan Bogor merupakan sebuah panggilan,” kata Senior Manager Public Relation PT Astra International Tbk Yulian Warman, seperti dikutip Bogor Today, 5 Januari 2016. Gerakan penghijauan yang dilakukan perusahaan swasta nasional papan atas ini sebenarnya sudah lama berlangsung, melalui program Go Green white Astra International.

Menurut Yulian, Bogor menjadi sangat penting untuk dihijaukan karena merupakan daerah hulu sungai yang bermuara di Jakarta. “Kawasan hulu sungai yang sekaligus daerah resapan air ini perlu dipelihara dengan dihijaukan kembali, sehingga ketika hujan, debit air tidak langsung tumpah ke kawasan Jakarta,” katanya.

Karena itu, menghijauan kembali kawasan Bogor baik itu lereng-lereng pegunungan, kawasan pemukiman, maupun taman-taman di tengah kota, diyakini akan menyelamatkan Jakarta dari ancaman banjir tahunan. “Penanaman pohon sama dengan memproduksi oksigen dan membersihkan kembali udara,” tambah Yulian.

Dengan alasan itulah, Astra International sangat mendukung gerakan Bogor Hejo yang dilakukan surat kabar Harian Bogor Today, RAPI Kota Bogor, dan Alumni Fahutan 28 IPB. Sebelumnya, pendiri Paguyuban Budiasi Doni Monardo juga sudah menyatakan dukungannya terhadap gerakan Bogor Hejo. ‘’Saya dan Paguyuban Budiasi akan membantu seoptimal mungkin, terutama dengan dukungan aneka macam bibit pohon. Saya sangat senang dengan munculnya gerakan baru menanam pohon ini,’’ kata Doni. #